KEHIDUPAN DAN JARING LABA- LABA

 

 

“Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindungselain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui.” (Q,s. Al-Ankabut :41)

 

Pelindung- pelindung:  orang tua, suami, jabatan, kekayaan, tempat tinggal.

 

Rumah  laba- laba:    sebagian orang berpendapat apakah itu rumah laba- laba atau jaring laba- laba. Aku tak ingin membahas perbedaan itu. Andai itu rumah laba- laba, itu bisa di terima. Seandainya itu jaring laba- laba maka itu pun bukan lah hal mustahil. Jaring laba- laba yang menurut pengetahuan modern, bukanlah  barang yang lemah. Benang yang berukuran kecil sehingga nyaris tidak dapat dilihat kasat mata ini mempunyai kekuatan yang besar. Kekuatan benang laba- laba lima kali lebih kuat dari pada serat baja dengan diameter yang sama . selain benang laba- laba yang kuat, konstruksi jaring laba- laba juga merupakan salah satu konstruksi yang paling kokoh. Konstruksi ini mampu menahan beban yang relatif lebih berat dibanding berat sarang itu sendiri. Untuk itulah sebagian mengatakan bahwa maksud ayat di atas adalah rumah laba- laba bukan jaring laba. Namun bagiku itu bukan lah hal yang mustahil, karena ayat Al quran bisa ditafsirkan oleh orang yang berbeda- beda (selama tidak menyimpang dari pemahaman Islam yang benar).

 

Ayat ini bukan hanya cerita sejarah tentang orang –oang kafir yang menyembah berhala. Tapi (menurut pribadi) ayat ini juga bermaksud bahwa peringatan kepada kita agarlah tidak  terlalu menggantungkan pada hal- hal selain Allah.

 

Jaring laba- laba,  seperti pernah yang di singgung adalah benda dan konstruktur yang kuat yang mampu menanggung beban lima kali lipat dari serat baja dengan berdiameter yang sama.  Jaring laba- laba adalah salah satu alat untuk menangkap mangsanya demi mempertahankan hidup.

 

Begitu juga dengan “perlindungan”   manusia berlindung bukanlah kepada hal sepele. Seorang anak berlindung kepada bapaknya, karena ia tau bapaknya kuat. Seorang isteri bergantung kepada suaminya, karena ia yakin suaminya bertanggung jawab. Seseorang yang bersandar kepada jabatan dan kekayaan, karena ia yakin dengan jabatan dan kekayaan ia bisa mendapatkan segala bahkan hukum pun mungkin akan ia beli.  Pastinya kita semua mengetahui bahwa orang tua, suami , jabatan dan kekayaan adalah mahluk dan konstruktur yang kuat dan  tangguh. Jabatan dan kekayaan tentu bukan lah hal yang sangat mudah digapai, perlu kegigihan dan ketekunan seperti halnya laba- laba yang tekun dan ulet dalam memintal sarangnya.

 

Namun, walau bagaimana pun, seperti apapun kekuatan jaring laba- laba atau tempat manusia berlindung, ada pada saatnya akan tidak berdaya sama sekali.

 

Jaring laba- laba bagaimana pun kuatnya, ia akan bisa hancur hanya karena tangan anak- anak atau hujan. Tak bisa melindungi laba- laba dari panasnya matahari, padahal  jaringnya mampu menangkap mangsa besarnya melebihi dirinya.

 

Begitu juga dengan tempat berlindungnya  manusia di mata Allah. Mudah sekali bagi Allah membuat semuanya tiada berdaya.  Orang tua atau suami ada pada saatnya, tak bisa membantu kita bahkan suatu saat mereka akan  meninggalkan kita.   Kekayaan, memang dengan kekayaan kita bisa membeli apapun bahkan mungkin bisa menguasi dunia, tetapi ada pada saatnya kekayaan tak bisa menolong sedikitpun. Misalnya; saat kita menderita penyakit yang sudah sangat akut, dan para dokter sudah angkat tangan. Pada saat seperti ini bisakah kita membeli kesembuhan atau membeli kesehatan barang sehari.

 

Itulah kita manusia mempunyai ketebatasan usaha dan kekuatan. Hanya Allah yang maha perkasa dan Tangguh. Yang mempunyai kehendak dan yang mempunyai Kuasa. Hanya Allah lah segala- galanya.

 

 

Sesungguhnya Allah mengetahui apa saja yang mereka seru selain Allah. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. 

About these ads

4 thoughts on “KEHIDUPAN DAN JARING LABA- LABA

  1. Blog ini penuh dengan inspirasi, Cerminan hidup yang mampu membangkitkan semangat
    SALAM DARI MADURA

  2. bikin pening, kakaaaaaaaaaaaaa…………… :???:

  3. Allah adalah Sebaik baik pelindung, sebaik baik tempat mengadu, sebaik baik tempat bersandar selain diriNya adalah lemah

  4. [...] PASANGAN HARAPAN ← KEHIDUPAN DAN JARING LABA- LABA [...]

Tinggalkanlah jejakmu disini,,,. mudahan terjalin tali silaturrahmi..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s